Hanura Dukung Mobnas

GN.com-Jakarta. Salah satu kader Partai Hanura yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Erik Satrya Wardhana menyatakan dukungannya terhadap mobil Esemka hasil karya pelajar SMK yang akan dijadikan mobil nasional.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait proyek mobil nasional di gedung DPR yang dilakukan Dirjen Industri Strategis dan Manufaktur Kementrian BUMN RI, Gubernur Sulawesi Selatan, Walikota Solo, Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan Nasional, Asosiasi Industri Otomotif Nusantara dan PT INKA dengan DPR menghasilkan dukungan DPR termasuk Erik di dalamnya terhadap upaya proyek tersebut.

Erik menuturkan pemerintah harus berani mengambil kebijakan dan berani melawan tekanan, intervensi yang dilakukan principal dan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) jika ingin mewujudkan proyek mobil nasional (Mobnas).

Politik kemauan (political will) menjadi penentu utama dalam menyukseskan proyek mobnas. Sehingga menurut Erik, sumber daya bukanlah maslah krusial yang dapat menjadi penghambat.

Erik merasa miris dengan pangsa pasar Indonesia yang sebanyak 240 juta, namun tidak ada satu pun produksi mobil dalam negeri. Regulasi pemerintah tidak dapat dinalar dan hanya mempersulit realisasi proyek mobnas tersebut.

Mobnas adalah kebutuhan yang segera harus direalisasikan karena secara faktual Indonesia telah mempunyai sumber daya yang dapat merakit dan memproduksi mobil sendiri. Erik menyayangkan pemerintah tak memberikan dukungan sehingga industry otomotif dalam negeri tidak berkembang. (*)

Recommended For You

About the Author: Wulan Rahayu

Gadis mungil yang kesengsem dengan pemandangan alam ini adalah redaktur pelaksana Gema-nurani.com dan hobi menuangkan isi ide kepalanya dalam sebuah tulisan.