ESW: Stop Impor Sapi

GN.com-Jakarta. Wakil Ketua Komisi VI DPR, Erik Satrya Wardhana, mengungkapkan perusahaan swasta cenderung enggan masuk ke bisnis pembibitan sapi karena risikonya terlalu tinggi. Yang terjadi akhirnya impor daging sapi cenderung bertambah.

Untuk itu tambah Erik, peran BUMN dalam meningkatkan penyediaan bibit sapi nasional harus dioptimalkan. Selama ini kebutuhan daging sapi nasional yang tiap tahun meningkat tidak diikuti naiknya jumlah sapi lokal.

Masalah tersebut timbul karena nilai tambah usaha peternakan sapi di tingkat budi daya (on farm) dinilai masih lebih kecil dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh di tingkat pascapanen (off farm), sehingga tidak merangsang petani dan pelaku usaha untuk berbudi daya sapi.

Maka dari itu Erik meminta stop impor sapi dan mengembangkan usaha sapi lokal agar dapat menyejahterakan peternak lokal pula. (*)

Recommended For You

About the Author: Wulan Rahayu

Gadis mungil yang kesengsem dengan pemandangan alam ini adalah redaktur pelaksana Gema-nurani.com dan hobi menuangkan isi ide kepalanya dalam sebuah tulisan.