Trend Positif, Popularitas Hanura Melejit

hanuraJelang Pemilihan Umum 2014, kedekatan partai politik dengan media sangat signifikan untuk melejitkan popularitas nama partai. Tidak lepas dari momentum itu, Partai Hanura menjadi salah satu partai politik yang sering muncul di media. Kondisi partai Hanura yang semakin membaik berbanding lurus dengan popularitas yang diperoleh saat ini. Trend Positif Hanura diraih sejak awal tahun ini salah satunya dengan bergabungnya Hary Tanoesoedibjo.

Sentimen Positif Media

Berdasar hasil riset media yang dilakukan Pol Tracking Institute, Hanura tercatat sebagai partai yang paling diberitakan positif di media massa. Seperti dilansir liputan6, survei dilakukan sepanjang 1 Februari hingga 31 Maret 2013 pada 15 media yakni, 5 media cetak seperti Tempo, Kompas, Media Indonesia, Republika dan Seputar Indonesia dan 5 media online serta 5 media televisi seperti TransTv, SCTV, RCTI, MetroTv dan TvOne.

Dari 5.850 berita yang dikumpulkan, Partai Demokrat menempati posisi pertama dengan perolehan angka 59,4 persen dengan rincian 1.375, pemberitaan seputar konflik internal dan 718 berita tentang kasus hukum kader demokrat. Posisi kedua, diduduki PKS dengan perolehan angka 15,9,  dengan pemberitaan negatif cukup besar dari 292 berita tentang PKS 457 adalah berita kasus hokum mantan Presiden PKS disusul Partai Hanura dengan 4,8 Persen.

Meskipun berada diposisi ketiga, pemberitaan Partai Hanura didominasi pemberitaan dengan sentimen positif. “Kondisi Partai Hanura yang bebas dari korupsi adalah dasar partai Hanura menjadi partai yang paling sering diberitakan positif oleh media”. Ungkap Direktur Eksekutif Politik Tracking Hanta Yudha seperti dilansir liputan6, Senin (16/4/2013).

Transparansi Pendanaan

Hasil survei yang dilakukan Transparency International Indonesia (TII) bekerjasama dengan Komisi Informasi Pusat (KIP) mencatatkan Partai Hanura sebagai Partai yang sangat Kooperatif dalam menyampaikan informasi keuangan.

Survei yang dilakukan  pada Juni 2012 hingga April 2013, menunjukkan Hanura sebagai partai politik dengan tingkat transparansi yang baik. Hanura membuka diri untuk proses assessment dan audiensi.” Sistem pendanaan yang transparan akan menumbuhkan kepercayaan publik”. Jelas sekjen TII Dadang Trisasongko, seperti dilansir Koran Sindo, Rabu (17/4/2013).

Recommended For You

About the Author: Astama Izqi Winata