Wiranto Capres Favorit Pemilih Pemula

Hanura 2012

Sosok dan ketenaran Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sedang berada di puncaknya. Setelah menduduki posisi teratas dari sejumlah survei, Wiranto kembali memuncaki hasil survei dengan kategori pemilih pemula. Hasil survei lembaga survei nasional (LSN) menunjukkan, Wiranto sebagai Capres favorit pemilih pemula pada pilpres 2014.

Banyak kalangan muda yang memilih Wiranto karena karena dipersepsi sebagai sosok yang tegas yang kontras dengan karakter Presiden SBY. Wiranto juga dianggap sebagai sosok yang bersih dan berhasil menjadikan Partai Hanura sebagai partai bersih. Ungkap peneliti utama lembaga survei nasional (LSN) Dipa Pradipta, seperti dilansir aktual.com, Senin (6/5).

Survei dilakukan sejak 1 hingga 7 April 2013 di 33 provinsi. Sebanyak 16,4 persen memilih Ketua Umum Partai Hanura Wiranto. Angka itu diperoleh dari 1.230 responden yang diambil secara purposive random sampling.

Adapun simpangan kesalahan 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Populasi dalam survei ini adalah penduduk dengan usia 16 samapi 20 tahun atau mereka yang baru pertama kali memiliki hak pilih pada pemilu 2014.

Dipa menjelaskan, karakter pemilih pemula lebih rasional dan otonom, mayoritas mutlak atau 94,6 persen responden mengaku akan memilih partai sesuai dengan hati nurani dan pikiranya sendiri. Dan 3,6 persen mengaku akan minta pendapat dan sarana orang lain. Sedangkan 1,8 persen mengaku akan mengikuti pilihan orang yang disegani.

Figur pemimpin bersih

Keberhasilan Wiranto memuncaki sejumlah survei tidak lepas dari keberadaan Partai Hanura. Partai politik yang ia gawangi dan dia bersarkan menjadi partai bersih yang terhindar dari kasus korupsi. “Isu korupsi menjadi concern pemilih pemula. Jadi, ketika ada yang terseret korupsi mereka enggan memilih, makanya dengan Hanura yang berpredikat sebagai partai bersih maka dilakangan pemilih pemula Wiranto mendapat dukungan tinggi.” Ujar Dipa.

Pemilih pemula masuk kategori pemilih rasional. Itulah yang menyebabkan mereke lebih memilih Capres yang mampu mengelola Negara dan citra bersih dan anti korupsi sangat penting untuk meraih simpati.

Mereka mengaharapkan pemimpin yang jujur dan bersih, sesuai hasil temuan kami dilapangan, Wiranto dengan image Hanura yang bersih berhasil meraih posisi atas. Imbuh Dipa.

Recommended For You

About the Author: Astama Izqi Winata