Memilih Calon Presiden Bervisi Maritim

Kejayaan Maritim Nusantara/berdikarionline.com
Kejayaan Maritim Nusantara/berdikarionline.com

Perhelatan mencari presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2014 terasa hangat diperbincangkan publik. Rakyat mendambakan seorang pemimpin yang bisa mengantarkan bangsa Indonesia menuju kejayaan negeri yang wilayahnya dulu lebih dikenal dengan Nusantara.

Bukan perkara mudah menjadi presiden di sebuah negara dengan kompleksitas permasalahan yang tinggi. Dibutuhkan kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual yang tinggi untuk menyelesaikan segala karut marut persoalan bangsa.

Untuk memimpin sebuah negara yang dulunya lebih dikenal dengan Nusantara ini dibutuhkan seseorang yang kuat, tegas, dan berani. Di samping itu, ia harus memiliki kapasitas memadai sebagai seorang kepala negara dan kepala pemerintahaan. Selain juga mempunyai visi jauh ke depan.

Nusantara dan Maritim

Pada awal berdirinya, para pendiri bangsa memilih Negara Kesatuan sebagai bentuknya. Wilayah yang begitu luas dengan kondisi geografis beragam medan tentu bukan perkara mudah untuk dipersatukan di bawah kendali Jakarta. Belum lagi tipikal penduduknya yang beraneka ragam, baik itu suku, bahasa, agama, serta adat-istiadat. Keragaman ini kalau dikelola dengan baik akan menjadi potensi bagi kemajuan bangsa, tapi sebaliknya kalau salah kelola maka akan menimbulkan masalah.

Tak ayal kalau Indonesia merupakan negara besar dibandingkan negara-negara lainnya di dunia. Dan kita tidak bisa menyamakan negara ini dengan negara lain dalam segala hal, karena memang itu tidak selevel, baik penduduk, geografi, maupun kekayaan alamnya.

Wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera hingga Papua sebenarnya lebih meneguhkan Indonesia sebagai negeri maritim dengan ribuan pulau-pulau yang tersebar. Dan istilah Nusantara itu pun  sebenarnya menggambaran akan hal itu.

Nusantara yang kini menjadi sebuah nationale staat (negara bangsa) pantas mendapatkan kejayaan sebagaimana dahulu juga pernah ditorehkan dalam sejarah oleh nenek moyang kita. Majapahit dan Sriwijaya barangkali adalah gambaran bagaimana Nusantara pernah meraih kejayaannya dalam bentuk nationale staat.

Maritim Sejahterakan Rakyat

Saat ini dan masa mendatang, bagi Nusantara yang kini lebih populer dengan Indonesia, pantas berjaya kembali dengan modal kekayaan alam serta sumber daya manusianya. Elite negeri mempunyai peranan besar untuk mewujudkan hal itu, terutama pemimpinnya.

Dalam rangka menuju kejayaan Nusantara sebagai sebuah nationale staat, Indonesia membutuhkan pemimpin visioner dengan karakter kuat, yang senantisa berada terdepan dalam mengorbankan tenaga, waktu, materi, pikiran, bahkan jiwanya sekalipun untuk kesejahteraan rakyat. Di samping itu, juga senantiasa memberikan panutan dan contoh yang baik sehingga dapat dijadikan suri teladan bagi rakyatnya.

Menggabungkan segala kekuatan yang ada di negeri ini, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, serta seluruh potensi yang ada, merupakan upaya yang harus dilakukan bangsa ini. Sebagai Negara Maritim dengan potensi laut yang besar, ditambah dengan potensi darat sebagai negara agraris yang beriklim tropis, semestinya bisa bersinergi menjadi sebuah kekuatan besar.

Pemilu Presiden 2014 diharapkan dapat menghasilkan pemimpin bangsa (baca: presiden dan wakil presiden) yang mempunyai ‘daya linuwih’ sehingga bisa mengantarkan Indonesia menuju kejayaan. Artinya, rakyat hidup sejahtera serta negaranya kuat sentosa dan berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Mengangkat harkat martabat bangsa adalah agenda penting dari presiden terpilih nantinya.

 

Recommended For You

About the Author: Danang Munandar

Konsultan Politik pada CRESN (Center for Response on Early Strategy and Navigation), Semarang, Jawa Tengah