Asuransi Rakyat Ala Hanura

asuransi hanura/sindonews.com
asuransi hanura/sindonews.com

Bagi rakyat miskin di perkotaan maupun perdesaan, asuransi menjadi sebuah kemewahan tersendiri. Bagi mereka (baca: rakyat), asuransi hanyalah mainan orang-orang kaya yang kelebihan uang. Padahal, asuransi menjadi penting untuk menutup pembiayaan maupun keperluan yang sifatnya mendadak dan tidak dipersiapkan sebelumnya.

Kejadian mendadak berupa sakit, kecelakaan lalu-lintas, bahkan meninggal bisa terjadi kapan saja tanpa pernah direncanakan. Bagi orang-orang kaya yang kelebihan uang, kejadian-kejadian mendadak tersebut sudah diantisipasi sebelumnya dengan mengasuransikan diri dan keluarganya kepada lembaga asuransi.

Akan tetapi, bagi rakyat miskin, jangankan untuk mendaftarkan diri ikut asuransi, untuk menutupi kebutuhan harian saja masih banyak yang kurang. Sehingga asuransi bagi rakyat jelas akan sangat berguna bagi kehidupan kaum papa di perkotaan maupun perdesaan.

Menyadari kemanfaatan sebuah asuransi bagi rakyat, Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) meluncurkan asuransi jiwa untuk masyarakat. Hanura berharap asuransi tersebut bisa memberikan manfaat dan memberi perlindungan bagi masyarakat.

“Ini komitmen. Sebagai partai, kami akan terus berusaha bermanfaat di tengah-tengah masyarakat,” kata Hary Tanoesoedibjo (HT), selaku Ketua Bapilu Hanura, saat meluncurkan asuransi tersebut pada pembekalan calon anggota legislatif (Caleg) Hanura di Jambi, Selasa (17/9/2013).

Dalam acara peluncuran, HT memperagakan cara menggunakan kartu tersebut dengan telepon seluler. Masing-masing asuransi tersebut dilengkapi oleh nomor pin, sehingga mudah untuk pendataan dan data tidak tertukar.

Setiap masyarakat yang telah terdaftar dalam asuransi berhak untuk melakukan klaim atas biaya pertanggungan hingga Rp9 juta jika meninggal karena kecelakaan dan Rp 1 juta jika meninggal biasa atau karena sakit.

“Untuk jumlahnya akan diterbitkan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan nantinya,” kata HT, sebagaimana dikutip dari Sindonews, Rabu (25/9/2013).

HT menambahkan agar seluruh kader dan caleg Partai Hanura bisa memanfaatkan Kartu Penggerak berasuransi ini dengan semaksimal mungkin dan disalurkan sesuai prosedur serta tepat sasaran.

“Partai Hanura berharap program kartu penggerak berasuransi ini bisa menjadi contoh manfaat kehadiran partai politik di masyarakat,” ucapnya.

Partai Hanura akan menyebarkan kartu asuransi tersebut melalui kader-kadernya di seluruh Indonesia. Program dari Bapilu Hanura ini ditujukan bagi simpatisan, kader, dan anggota Partai Hanura.

Recommended For You

About the Author: Bonnie Eko Bani

Mahasiswa yang mencurahkan tulisannya di beberapa media