IRC: Elektabilitas Hanura Sodok Urutan Ketiga

Elektabilitas Hanura/okezone.com
Ilustrasi elektabilitas Hanura. (Foto: okezone.com)

Jelang bulan Oktober 2013 berakhir, Indonesia Research Centre memublikasikan hasil surveinya. Poin pentingnya, Hanura bersaing dengan Demokrat dan Gerindra di posisi ketiga.

IRC menggelar survei Pemilu 2014 di seluruh provinsi di Indonesia pada 25 September 2013. Responden dipilih secara acak sistematis-bertingkat (multistage random). Data terkumpul dari survei tatap muka, menggunakan kuesioner yang dijalankan.

Pada survei ini, ambang kesalahan (Margin of Error/MoE) diperkirakan kurang lebih 0,77 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini mengambil sebanyak 4.900 responden atau sekitar 30 persen dari total responden yang ada. Survei dilakukan pada 22 area survei yang tersebar di sebagian pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

Berdasarkan temuan IRC, seperti disarikan dari laman merdeka.com elektabilitas PDI Perjuangan menduduki peringkat teratas dengan angka 19,6 persen.

Sementara peringkat kedua ditempati Partai Golkar dengan elektabilitas 16,2 persen. Kedua partai lama ini tampaknya saling bersaing cukup ketat, guna menarik lebih banyak simpati pemilih.

“Di samping itu, posisi ketiga menjadi posisi panas. Karena di dalamnya terjadi persaingan sengit di antara tiga partai politik, yakni Demokrat (7.8 persen), Hanura (7.2 persen) dan Gerindra yang memperoleh elektabilitas sekitar 7 persen,” ujar peneliti IRC Yunita Mandolang, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Kondisi sama juga terjadi di peringkat keempat. Partai Nasdem, PKS, dan PKB berebut posisi di sana.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.