Wiranto: Pentingnya Capres Intelek

Capres 2014 dari Partai Hanura, Wiranto/liputan6.com
Capres 2014 dari Partai Hanura, Wiranto. (Foto: liputan6.com)

Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, bersikeras mengubah Undang-Undang Nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden. Sebab, UU yang lama mengatur batas pendidikan minimal seorang calon presiden hanya setingkat Sekolah Menengah Atas dan bukan sarjana.

Dari laman liputan6.com, Capres Pemilu 2014 ini mengatakan, seharusnya seorang presiden atau kepala negara memiliki pendidikan dan pengetahuan yang luas untuk membawa seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi fenomena global saat ini.

“Camat saja minimal S1, masa presiden SMA? Seorang presiden kan membawa 240-an juta rakyat Indonesia. Tanggung jawabnya besar. Harus bisa hadapi fenomena global. Itu butuh pengetahuan. Tak mungkin tanpa itu,” kata Wiranto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Lebih jauh, terkait UU Pilpres yang lama, Wiranto juga berharap agar Badan Legislasi (Baleg) DPR dapat mengubah ketentuan ambang batas pemilihan Presiden atau Presidential Threshold (PT) dari 20 persen menjadi 3,5 persen seperti halnya ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT).

Namun, bila DPR menetapkan Presidential Threshold tetap 20 persen maka dirinya menyayangkan hal tersebut. Lantaran bila itu terjadi, maka UU Pilpres hanya menjadi komoditas politik oleh partai-partai besar aja.

“Kita mau khawatir apa? Kalau selama ini jadi komoditas politik. Kita hanya menyayangkan saja. Yang terpenting itu harus ada persyaratan capres intelek yang dibenarkan dengan sistem pendidikan kita,” ujar pasangan cawapres Hary Tanoesoedibjo itu.

“Kalau rumusan UU Capres dibahas setengah hati, kita khawatir jika dengan peraturan UU yang tidak sehat maka akan melahirkan pemimpin yang tidak sehat,” pungkas Wiranto.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.