Aliansi Mahasiswa UMSU Minta KPK Ambil Alih Dugaan Korupsi Rektor Mereka

DUGAAN KORUPSI - Salah satu gedung kampus UMSU tampak dari luar. (Foto: Muhammadiyah.org)
DUGAAN KORUPSI – Salah satu gedung kampus UMSU tampak dari luar. (Foto: Muhammadiyah.org)

Senin (23/12), Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka meminta KPK mengambil alih dugaan kasus korupsi Rektor UMSU, Agussani.

Dugaan tindak pidana korupsi Agussani mencuat setelah Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atas namanya sebagai Rektor UMSU pada 26 Januari 2012 di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, bocor.

Dalam BAP itu, Agussani terlibat dugaan tindak pidana korupsi penyelewengan dana bantuan hibah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada 2009, 2010, 2011 dengan total kerugian negara mencapai Rp 2 miliar.

Dari BAP, diketahui bahwa jaksa pemeriksa kasus tersebut bernama Murnanda Utama, SH.

“Namun sayang, hingga saat ini tidak ada perkembangan dalam kasus tersebut. Kami menduga kasus ini sengaja dipetieskan oleh Kejati Sumut,” tegas Koordinator Aliansi Mahasiswa UMSU, Dianti Novita Marwa, seperti diberitakan Tribunnews.com.

Dianti menyebutkan, kasus serupa di Sumut telah banyak yang diproses di depan hukum dan dinyatakan bersalah. Namun, Kejati Sumut hanya menggarap kasus Rektor UMSU sebatas penetapan tersangka.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.