Situs Kemenperin Paling Sesuai UU KIP

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Imam Haryono, berfoto bersama para pemenang Penganugerahan e-Transparency Award 2013 di Jakarta, Kamis (19/12). (Foto: Kemenperin)
Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Imam Haryono, berfoto bersama para pemenang Penganugerahan e-Transparency Award 2013 di Jakarta, Kamis (19/12). (Foto: Kemenperin)

Situs Kementerian Perindustrian dinilai paling informatif, berguna, berdesain baik, dan paling sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), serta transparan dalam anggaran dan kinerja.

“Dua tahun lalu, masih banyak Kementerian dan Lembaga yang belum memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Padahal ini penting, karena informasi sangat penting diorganisasi dengan baik. Ini adalah awal dari keterbukaan pada masyarakat karena hakikat demokrasi adalah masyarakat tahu apa yang kita lakukan,” kata Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto di Financial Hall, Graha CIMB, Jakarta Selatan, Kamis (19/12).

Diberitakan Antara, situs resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dinobatkan menjadi situs terbaik, mengalahkan 47 situs kementerian atau lembaga se-Indonesia, versi e-Transparency Award 2013.

Ajang e-Transparency Award adalah program IMAGES (Improving Ministries and Agencies Website for Budget Transparency) yang digagas Paramadina Public Policy Institute (PPPI) dan didukung secara aktif oleh berbagai elemen masyarakat sipil seperti Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) dan lain-lain.

Dalam penghargaan tersebut, terdapat lima kategori penilaian yaitu ketersediaan informasi anggaran, informasi kinerja, arsitektur website, tatakelola informasi, dan antarmuka pengguna.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.