Hanura Dorong APBD Siaga Bencana

BANTU KORBAN BANJIR - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto berada di tengah banjir saat mengunjungi korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta, Senin (20/1/2014). Kedatangan Wiranto untuk memberikan bantuan. (Foto: Okezone)
BANTU KORBAN BANJIR – Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto berada di tengah banjir saat mengunjungi korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta, Senin (20/1/2014). Kedatangan Wiranto untuk memberikan bantuan. (Foto: Okezone)

DPP Partai Hanura meminta kader partainya di DPRD, berpartisipasi memuluskan perubahan APBD untuk penanggulangan bencana. Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah leluasa dalam menangani darurat korban bencana.

“DPP Hanura mendorong agar bisa mengubah APBD terkait bencana,” kata Ketua DPP Hanura, Saleh Husin di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (21/1) seperti dikutip dari ROL, Selasa (21/1/2014).

Saleh mengaku prihatin dengan sikap sejumlah anggota DPRD yang menghambat perubahan APBD untuk membantu korban bencana. Namun, ia mengaku, Hanura sebagai partai kecil tidak bisa berbuat banyak.

“Memang kami memiliki banyak perwakilan di DPRD Indonesia, tapi jumlah kursi kami tidak signifikan. Ini susahnya,” ujar Saleh.

Mandeknya upaya pemerintah daerah mengubah APBD untuk bencana bisa diselesaikan lewat mekanisme voting di DPRD. Mekanisme itu dikatakan dapat mengakhiri kebuntuan politik anggaran yang berlarut-larut.

“Selesaikan dengan sistem mufakat voting,” kata Sekretaris Fraksi DPR Partai Hanura tersebut.

Imbauan Saleh sebenarnya beralasan. Selain mengingat kendala yang dialami pemerintah daerah akibat sulitnya mengalokasikan dana, saat ini bencana di sejumlah daerah telah mencapai titik puncak.

Sayangnya meski banyak menimpa kerugian, sejumlah bencana yang seharusnya masuk dalam bencana nasional tidak juga ditetapkan statusnya oleh pemerintah.

Terkait sejumlah bencana, Hanura juga telah melakukan penyisiran wilayah untuk membantu korban bencana. Diberitakan Okezone, Selasa (21/1/2014), Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto berada di tengah banjir saat mengunjungi korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta, Senin (20/1/2014). Kedatangan Wiranto untuk memberikan bantuan.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.