Caleg Hanura Disumpah Tak Korupsi

Capres dari Partai Hanura, Wiranto. (Foto: Tempo)
Capres dari Partai Hanura, Wiranto. (Foto: Tempo)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) berkomitmen tinggi untuk memerangi korupsi di Indonesia. Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto berjanji akan langsung mencopot calon anggota legislatif apabila terlibat korupsi saat menjabat nanti.

Wiranto mengatakan, usia Partai Hanura sudah delapan tahun dan satu-satunya partai bersih yang kader-kadernya sedikit terlibat pelanggaran hukum. “Karena Hanura pakai hati nurani,” kata Wiranto dalam kampanye tertutup di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (20/3/2014)

Tak main-main, calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, dan DPRD Kabupaten Jember dari Partai Hanura disumpah untuk tidak korupsi.

Di akhir orasi politiknya, Wiranto memanggil semua caleg DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten untuk naik ke panggung dan diperkenalkan.

Mantan Panglima TNI itu kemudian menyumpah semua calegnya agar tidak melakukan korupsi jika terpilih dalam pemilu legislatif (pilleg) nanti.

“Di hadapan rakyat Jember semua, saya ingin bertanya kepada saudara- saudara sekalian. Jika terpilih, apakah saudara-saudara sanggup memikul amanah rakyat?” tanya Wiranto. “Sanggup,” jawab para caleg.

“Lalu, jika kemudian mengkhianati perjuangan rakyat, misalnya melakukan korupsi, apakah saudara bersedia mundur ramai- rami?” tanya Wiranto lagi. “Bersedia,” teriak para caleg, disambut tepuk tangan para kader dan simpatisan.

Seusai mendengarkan ikrar para caleg itu, Wiranto mengaku tidak ingin partai yang dia dirikan dinodai oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. “Saya ingin partai bersih ini tak dinodai oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan melakukan korupsi saat terpilih sebagai wakil rakyat,” tekan dia. **

Sumber: Tempo.co dan Kompas.com

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.