Hormati Kepejuangan NKRI, Wiranto Kunjungi Veteran Seroja

AKRAB - Xanana Gusmao dan Wiranto dalam suatu kesempatan. (Foto: Kabarnet)
AKRAB – Xanana Gusmao dan Wiranto dalam suatu kesempatan. (Foto: Kabarnet)

Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, menyempatkan diri untuk mengunjungi para pejuang eks-Operasi Seroja Timor Timur di Harapan Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ada yang berbeda pada kunjungan Wiranto di kompleks pejuang ini.  Wiranto mengajak para mantan pejuang untuk berwirausaha.

Para veteran Seroja kini tidak lagi produktif. Selain kurangnya perhatian pemerintah, kondisi fisik mereka akibat perang melawan pemberontak Fretilin sudah melemah.

“Kedatangan saya ke sini bukan untuk kampanye terkait dengan pencalonan saya sebagai presiden, tetapi memenuhi undangan panitia seminar sebagai narasumber dan untuk mengunjungi para pejuang yang dulu merupakan mantan anggota saya saat berjuang di Timtim (Timur Timor) tahun 1998,” jelas wiranto seperti diberitakan ROL (13/2/2014).

Kehadirannya pada acara bertajuk ‘Seminar Kewirausahaan untuk Para Veteran Seroja’ didampingi sejumlah kader dan simpatisan hanura.

“Pelatihan ini sangat bagus, agar masyarakat bisa berwirausaha dengan kreativitasnya,” ungkap Wiranto kepada Okezone (13/2/2014).

Jangan Lupakan Pejuang NKRI

Kunjungan Wiranto ke kompleks veteran pejuang seroja ini tidak hanya didasari kepentingan partai, juga dalam rangka memberikan perhatian sekaligus penghormatan kepada para mantan pejuang NKRI.

Wiranto menyadari pentingnya memberi semangat bagi para veteran Seroja agar tetap bisa menjalani hidup dengan kesuksesan menjadi seorang wirausahawan. Menjadi catatan bersama bahwa para anggota veteran seroja hanya mendapatkan dana kehormatan sebesar Rp 250 Ribu setiap bulan.

“Mereka pahlawan, maka harus dihargai dan diperhatikan nasibnya,” tegas Wiranto.

Wiranto menyadari perlunya menghargai dan mengingat jasa para pahlawan yang ada di Seroja.

“Masih terbayang bagaimana pejuang di hadapan saya ini dulu dengan gagah berani menghadapi musuh. Mereka bahkan rela mengorbankan hal yang paling berharga yang mereka miliki, yaitu nyawa mereka,” ungkap Wiranto kepada RMOL (13/2/2014).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Seroja ini mendapat sambutan hangat dari para anggota mantan pejuang Timor-Timur. Sebut saja Amir Siregar, mantan pejuang Tim-Tim yang mengaku bangga dan senang dengan kehadiran Wiranto.

“Saya sangat berharap, pemimpin di masa yang akan datang lebih memperhatikan para veteran terutama mereka yang cacat akibat perang,” tuturnya. **

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.