Final Arah Koalisi, Wiranto Bertemu SBY

Susilo Bambang Yudhoyono.
Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto akan menggelar pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) paling lambat Kamis mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Hanura Yuddy Chrisnandi mengatakan pertemuan itu adalah tahapan bagi Hanura dalam memfinalkan arah koalisi.

“Dari pertemuan dengan Pak SBY, Pak Wiranto ingin mengambil keputusan setelah mengetahui peta koalisi secara lengkap,” kata Yuddy , Selasa (13/5).

Yuddy menilai SBY sebagai seorang presiden memiliki pengetahuan yang banyak dalam memetakan arah koalisi partai. Jadi, Wiranto yang menginginkan masuk dalam pemerintahan ke depan membutuhkan sharing informasi yang mendalam dengannya.

“Pak Wiranto ingin membuat kalkulasi yang akurat sebelum mengambil keputusan,” katanya.

Yuddy mengakui bahwa Hanura masih mengkaji dua poros koalisi, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Gerakan Indonesia Raya. Pada kedua poros tersebut, Wiranto sudah melakukan pertemuan dan komunikasi secara berkesinambungan.

Secara pribadi, Yuddy mengusulkan Hanura merapat ke PDI Perjuangan. Sebab, sebagai partai yang unggul dalam perolehan suara pemilu legislatif, PDIP juga memiliki peluang besar untuk memenangi pilpres. “Tetapi Pak Wiranto tentu memiliki pertimbangan lainnya,” tuturnya.

Sementara, Calon presiden Partai PDI Perjuangan, Joko Widodo, bertemu dengan dengan calon presiden Partai Golkar, Aburizal Bakrie, di Pasar Gembrong, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (13/5). Dalam kesempatan tersebut, keduanya mengumumkan tentang koalisi kedua partai.

Sumber: Tempo, Viva News

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani