Hanura Bahas Arah Koalisi di Rapimnas Hari Ini

HT-Wiranto
Pasangan Capres dan Cawapres dari Partai Hanura Wiranto dan Hary Tanoesudibjo. (Foto: Tempo)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyelenggarakan rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Hotel Sultan, Senayan, hari imi, Selasa (6/5) mulai pukul 15.00 WIB. Ketua Dewan Pimpinan Pusat Hanura Saleh Husin mengatakan hanya satu agenda yang dibahas dalam forum itu, yakni menentukan arah koalisi partai menjelang pemilihan presiden 2014.

“Kami akan mendengar apa saja yang menjadi masukan arah koalisi dari pengurus-pengurus daerah,” kata Saleh.

Sedangkan Sarifuddin Sudding, Ketua DPP Hanura lainnya, kemarin mengatakan Hanura kini telah menyepakati rekan koalisi dengan sejumlah partai. Teman koalisi tersebut akan disahkan dalam rapimnas yang berlangsung hingga Rabu, 7 Mei 2014.

Lobi politik jelang pemilihan presiden juga cukup gencar dilakukan Hanura. Terakhir yang terdeteksi media adalah pertemuan antara Wiranto, calon presiden Hanura; dan Prabowo Subianto, calon presiden Gerakan Indonesia Raya.

Sigi lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting menyatakan sebanyak 50 persen pemilih Partai Hanura menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo Subianto. Adapun 36 persen responden memilih Joko Widodo, calon presiden yang diusung PDI Perjuangan.

Baik Saleh maupun Sarifuddin menolak menanggapi apakah survei tersebut menggambarkan arah koalisi Hanura. Namun Sarifuddin mengatakan hasil sigi lembaga survei menjadi pertimbangan partainya untuk mencari arah koalisi.

Pengumuman koalisi akan disampaikan langsung oleh Wiranto setelah diresmikan dalam rapimnas. “Tetapi, yang jelas, sudah ada partai mana pilihan Hanura,” ujarnya.

Saleh juga menyebut, Hanura akan berkoalisi dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres cawapres) yang berpeluang besar memenangkan pemilu presiden (pilpres) 2014.

“Pak Wiranto mengatakan Hanura akan berkoalisi dengan pasangan capres-cawapres yang probabilitas memenangkan pertarungan,” katanya.

Hanura, lanjut dia, tidak mau asal dukung dalam berkoalisi. Untuk itu Hanura masih terus mengkaji pasangan capres-cawapres mana yang berpeluang memenangkan pilpres. “Pak Wiranto tak mau koalisi hanya sekadar ikut-ikutan,” pungkasnya.

Sumber: Tempo, Republika

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani