Pekan Penentuan Koalisi Hanura

rapimnas 5
Wiranto, Ketua Umum Hanura. (Foto: Merdeka)

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) akan menentukan partai mitra koalisinya pada pekan ini. Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua DPP Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, Senin (12/5) di Jakarta.

Menurut Susan, partai mana yang akan diajak berkoalisi akan diputuskan oleh Wiranto sebagai ketua umum. Susan mengatakan, Wiranto telah berkomunikasi dengan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Joko Widodo, capres dari Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto maupun capres dari Parai Golongan Karya Aburizal Bakrie.

Susan menambahkan partainya mengamati secara cermat dinamika politik yang terjadi setiap hari pasca Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil rekapitulasi perhitungan suara pemilu legislatif. Hanura memperoleh 5,26 persen suara pada pemilu legislatif.

Sementara, waktu penetapan capres dan cawapres yang diberikan KPU kurang dari satu minggu lagi. Ketua Fraksi Partai Hanura DPR Sarifuddin Sudding mengatakan, komunikasi Wiranto ke elite-elite partai politik masih cair. Baik itu kubu Jokowi , Prabowo Subianto , Ical atau yang lainnya.

“Kita serahkan sepenuhnya ke ketum, Pak Wiranto dalam mengambil keputusan, ini sesuai dalam hasil Rapimnas yang memberikan mandat penuh koalisi,” ujar Sudding.

Namun, Politisi Hanura ini juga enggan membeberkan kapan keputusan koalisi bakal diketok secara pastinya. “Saya kira yang akan menentukan berdasarkan waktu yang tepat, ketum lah yang akan menentukan,” tandasnya.

Diketahui, sebelum pembukaan pendaftaran capres-cawapres pada 18-20 Mei, sejumlah parpol sudah menentukan arah koalisi. Seperti PDIP, PKB dan NasDem sudah sepakat melakukan koalisi.

Begitu juga dengan Partai Gerindra yang resmi berkoalisi dengan PPP. Sementara PAN dan PKS hampir pasti juga bergabung dengan Gerindra. Hanya Partai Demokrat, Hanura dan Partai Golkar yang belum punya sikap untuk berkoalisi dengan siapa di pilpres 9 Juli nanti.

Sumber: VivaNews, Merdeka

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani