Elektabilitas Jokowi-JK Lebih Unggul

jokowi debat

Elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla masih unggul dibandingkan dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berdasarkan hasil dua lembaga survey.

Poltracking Institute menempatkan Jokowi-JK ungggul dengan 48,5 persen. Sementara Prabowo-Hatta 41,1 persen dengan kalangan yang belum menentukan pilihan 10,4 persen.

“Elektabilitas pasangan Jokowi-JK lebih unggul,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Institute Hanta Yudha di Hotel Morrissey, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (15/6).

Survei dilakukan pada periode 26 Mei-3 Juni 2014 secara serempak di 33 provinsi seluruh Indonesia. Sebanyak 2010 responden diwawancarai secara tatap muka, serta menggunakan metode pengambilan multi-stage random sampling dan margin of error lebih kurang 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tingkat keterpilihan Jokowi-JK juga masih unggul dari survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI). LSI mencatat Jokowi-JK 45 persen dan Prabowo-Subianto 38,7 persen dengan suara yang masih mengambang 16,3 persen.

“Kedua capres masih punya peluang yang sama untuk menang dan saling mengalahkan,” kata Anggota Tim Riset LSI, Adjie Alfaraby.

Sementara, penampilan kedua pasangan dalam debat capres Minggu (15/6) malam, Jokowi lebih baik daripada Prabowo. Ini dinilai dari sejumlah indikator selama berdebat, seperti cara berkomunikasi dan pemecahan masalah.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, mengatakan ada 47,20% dari 466 responden yang menilai penampilan Jokowi pada debat kedua itu lebih baik dari Prabowo. “Sementara ada 46,50% yang mengatakan penampilan Prabowo lebih baik,” ujar pengamat politik itu.

Menurut dia, ada 51,10% yang memilih Jokowi setelah debat di Grand Melia berlangsung. Hanya ada 41,10% responden yang memilih Prabowo.

Sumber: MetroTV, JPNN

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani