Jokowi Khusyuk Tarawih di Kampung Santri

jokowi wudlu

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Joko Widodo atau Jokowi menjalankan ibadah salat tarawih pertama di kota Surabaya, Jawa Timur di sela rangkaian safari politik Pilpres 2014, Sabtu (28/6).

Masjid Ali Akbar di Sidoresmo, Wonocolo, menjadi tempat yang dipilihnya untuk melaksanakan ibadah sunah tersebut. Jokowi yang sebelumnya mengenakan kemeja kotak-kotak ini telah berganti kostum, yaitu kemeja koko berwarna putih, celana bahan hitam serta peci berwarna hitam.

Masjid Ali Akbar sendiri memang tidak terlalu ramai ketika Jokowi datang. Hanya terlihat sekitar seratus orang jamaah di dalam bangunan mesjid yang sederhana dan tidak terlalu luas itu.

Jokowi sempat bersalam-salaman dengan beberapa orang jamaah. Setelah itu mereka bersama-sama melakukan salat Isya berjamaah.

Gubernur DKI Jakarta nonaktif ini memilih untuk salat di saf ketiga berbaur dengan warga nyaris tanpa pengawalan. Hanya terlihat satu orang ajudan yang salat di dekat Jokowi.

Anggota pasukan pengawal lainnya memilih salat di saf paling belakang atau menunggu di luar.

Jokowi dengan khusyuk mengikuti setiap rangkaian solat tarawih 21 rakaat itu. Sekitar pukul 20.30 WIB, Jokowi akhirnya selesai menunaikan salat tarawih dan meninggalkan mesjid.

Kawasan Sidoresmo lokasi Mesjid Ali Akbar dikenal sebagai kampung santri Surabaya. Di tempat itu berdiri pondok pesantren tertua di Kota Pahlawan, Annajiyah.

Sumber: JPNN, Tribun

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani