Foto Jokowi Pakai Ihram Terbalik Bikin Heboh

Dua hari ini, masyarakat dihebohkan dengan beredarnya foto Capres 2014, Jokowi yang mengenakan baju ihram terbalik saat menjalankan umroh. Jokowi di kabarkan tidak mengerti rukun memakai ihram saat umroh.

Foto Jokowi mengenakan baju ihram terbalik saat umroh pun beredar di kalangan masyarakat. Terlebih pada basis ummat muslim. Di Bogor pun sejumlah orang mengaku mendapatkan gambar tersebut.

Pantauan GNOL di Bogor foto tersebut sudah beredar sejak Senin (7/7). Fredy misalanya, mengaku mendapatkan dari kiriman teman melalui fasilitas BlackBerry Messenger.

Beredarnya foto Jokowi memakai ihram terbalik tersebut langsung ditanggapi oleh Tim Pemenangan Jokowi-JK, Ahmad Basarah.

“Saya adalah saksi hidup yang bersama-sama Jokowi ikut melaksanakan ibadah umroh. Pada saat thawaf (ritual mengelilingi Ka’bah, red), Jokowi mengenakan ihram yang digunakan sejak dari Jeddah sudah dengan syariat yang ditentukan, yaitu bahu bagian kanan dibuka sebagaiamana bukti foto-foto yang saya telah kirimkan ke Jakarta,” jelasnya, Senin (7/7).

Ditegaskannya, jika Jokowi seorang non-muslim tentu tak akan diizinkan oleh pemerintah Saudi Arabia untuk memasuki Mekah.

“Saya hanya bisa berdoa dari Tanah Suci Mekkah ini, agar saudara-saudara muslim saya di Indonesia yang gemar mengkafirkan sesama saudara muslimnya sendiri demi mengejar sebuah jabatan atau kekuasaan segera mendapatkan hidayah dan ampunan dari Allah,” ucap politisi muda anggota Komisi Hukum DPR itu.

Sekedar info, Ihram merupakan pakaian wajib kaum muslimin yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Pakaian Ihram adalah pakaian putih yang yang disebut juga pakaian suci, pakaian ini tidak boleh dijahit.

Cara pemakaiannya dililitkan ke sekeliling tubuh (jama’ah pria). Sehelai melilit tubuh mulai dari pinggang hingga dibawah lutut dan sehelai lagi diselempangkan mulai dari bahu kiri ke bawah ketiak kanan.

Jokowi berangkat bersama anak istrinya pada hari Minggu kemarin (6/07) atau hari pertama masa tenang. Rombongan Jokowi di Madinnah dan Mekkah dipimpin Faisal Mahmud sebagai pemandu ibadah umroh.

Dalam rombongan Jokowi turut ikut adalah Hasyim Muzadi Mantan Ketua PB NU, Alwi Shihab, Anies Baswedan, Marwan Jafar dan Akbar Faisal. Jokowi hanya dua hari menjalankan umrah di Arab Saudi, setelah itu langsung kembali ke Indonesia.

Heboh di Sosmed

Pantauan GNOL di internet dan sosial media seperti Twitter dan Youtube, masyarakat banyak menganggap bila umroh yang dijalankan oleh Jokowi dan rombongan merupakan pencitraan untuk mendongkrak elektabilitas.

Semuah video umroh Jokowi juga membuktikan tidak ada kesalahan dalam memakai ihram. Video yang diunggah oleh pemilik akun Dedel Duelzz. Dalam video berdurasi 37 detik ini terlihat Jokowi benar dalam mengenakan ihram, yakni membuka bahu kanannya.

Berikut sumber video tersebut; http://www.youtube.com/watch?v=fvFJdk1kV0U

Video ini pun banyak ditanggapi oleh pengguna internet. Misalnya, Fadli Aja Deh “Yang namanya ibadah itu nggak perlu make media… biar khusyu ibadahnya 🙂 kalo kayak gini ya disebut riya namanya.. biar bisa di puji orang2… kalo emang niat nya dari awal adalah beribadah bisa nggak ibadahnya nggak make berita saja?”

Sementara, SaRaZ Miesha berkomentar, “Gak henti-henti nya serangan fitnah untuk pak jokowi di lontarkan terus menerus untuk menjatuhkan pak jokowi. Yg namanya tidak suka dan sirik tetep ajah di cari-cari kesalahan pak jokowi sampe pakaian ihrom pun di permasalahkan. Ampunn.. Ach.. Manusia licik udah di kuasai SETAN JIWA RAGANYA.”

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani