Keluarga Muslim Bogor Serukan Jihad Untuk Gaza

KMB Demo Israel
KMB membakar simbol bendera Israel sebagai luapan kekesalan pengeboman Gaza. (Foto: Suut Amdani)

Keluarga Muslim Bogor (KMB) dan Harakah Sunniyah untuk Masyarakat Islam (HASMI) mengutuk tindakan serangan sadis Israel ke Gaza Palestina yang menewaskan puluhan warga sipil termasuk anak-anak.

Dalam demostrasi damai di Jalan Pajajaran, Warung Jambu, Kota Bogor, Jumat (11/7) siang, KMB menyerukan kepada ummat muslim untuk turut ambil bagian dalam jihad melawan kekejaman Israel.

“Kami membuka posko jihad untuk Palestina. Juga bantuan bagi korban Gaza. Karena kita tahu selain puluhan warga sipil yang meninggal, di sana juga banyak orang terluka dan membutuhkan pertolongan kita sebagai saudara muslim,” terang Fahrudin Sukarno, Ketua KMB kepada wartawan.

KMB dengan keprihatinan mendalam, menyerukan beberapa hal, diantaranya meminta Pemerintah Indonesia untuk melakukan peran strategis dengan memobilisasi dukungan dan bantuan kepada Negara Konverensi Islam untuk menuntut Isarael menghentikan serangan ke Gaza.

“Agar zionis Israel laknatullah menghormati bulan suci ramadhan dan menghentikan tindakan biadab dengan membombardir Gaza Palestina hingga banyak memakan korban rakyat Palestina tak berdosa yang tengah menunaikan ibadah puasa,” katanya.

Fahrudin juga menegaskan dan mengajak ummat Islam untuk memboikot produk Israel dan meminta Negara yang memiliki hubungan dagang untuk melakukan aksi embargo.

Indonesia Sumbang 1 Juta Dolar

Indonesia berkomitmen memberikan bantuan kemanusiaan senilai satu juta dolar AS ke Palestina. “Bentuknya akan dibicarakan antara Menlu dan Kedutaan Besar Palestina,” kata Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto seperti dilansir AntaraNew, Jumat.

Dalam pengantar rapat kebinet paripurna, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa Indonesia mengecam serangan Israel ke Gaza dan terus berupaya menghentikan aksi kekerasan tersebut lewat diplomasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dan Gerakan Non Blok.

Presiden mengatakan bahwa dia akan berkomunikasi dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, yang merupakan ketua Gerakan Non Blok, guna membicarakan masalah Palestina.

“Saya akan komunikasi dengan Presiden Iran dalam kapasitas ketua Gerakan Non Blok, berdiskusi apa yang bisa dilakukan negara-negara GNB, apa yang bisa dilakukan agar kekerasan itu bisa dihentikan,” kata Presiden.

Dia juga mengatakan empat hal yang diupayakan Indonesia untuk mengatasi masalah Israel-Palestina, yakni penghentian aksi militer Israel, gencatan senjata di bawah pengawasan PBB, pencegahan aksi saling balas, dan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk para korban di Palestina.

Israel sejak Selasa (8/7) memulai operasi militer yang dijuluki Operation Protective Edge guna menghentikan tembakan roket dari Jalur Gaza. Israel terus menyerang Jalur Gaza dan telah menyebabkan 82 orang tewas, 633 orang terluka.

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani