Malaysia Airlines Jatuh di Ukraina, Diduga Dihantam Roket Ukraina

Malaysia Airline
Pesawat Malaysia Airline Jatuh di Ukraina berjenis Boeing 777 MH17.

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan sebuah pesawat Malaysia Airlines maskapai penerbangan milik pemerintah Malaysia, jatuh di kawasan Ukraina di dekat perbatasan dengan Rusia.

Pihak maskapai tersebut sudah memberikan keterangan resminya di akun resmi Twitternya. “Malaysia Airlines telah terputus hubungan daripada MH17 dari Amsterdam. Jawatan terakhir yang diketahui adalah lebih ruang udara Ukraine. Maklumat lanjut untuk diikuti,” kata akun @MAS, Kamis (17/7)

Seperti dilansir BBC, pesawat Boeing 777 bernomor MH17 tersebut membawa 280 penumpang dan 15 awak dalam penerbangan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur.

Sumber yang dikutip Interfax mengatakan pesawat terbakar di darat. Seorang juru bicara di Bandara Schiphol Amsterdam mengatakan mereka sedang mendalami laporan jatuhnya pesawat itu namun masih belum mendapat informasi sejauh ini.

Sementara seorang pejabat Kementerian Perhubungan Malaysia mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa mereka belum mendapat informasi tentang pesawat apa pun yang jatuh.

Sumber lain di badan keamanan Ukraina, yang dikutip Interfax, mengatakan pesawat hilang dari radar pada ketinggian 10.000 meter dan jatuh di dekat kota Shakhtyorsk.

Seperti diberitakan MetroTV, saat ini tengah proses evakuasi. Di dekat puing-puing pesawat telah ditemukan sebanyak 100 korban jiwa. Hingga saat ini belum ada keterangan adanya korban warga negara Indonesia.

Dihantam Roket Ukraina

Pengamat pertahanan, Mayor Charles Heyman, mengatakan kekhawatirannya pada konflik antara Ukraina dan pejuang pro-Rusia. Mereka mulai memakai cara-cara lawas yakni menargetkan pesawat penerbangan komersial dan diyakini dilakukan pasukan Ibu Kota Kiev.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (17/7), “Bisa jadi ini dilakukan oleh militer Ukraina yang mengira itu roket dan bukan pesawat sipil lalu mereka menembaknya,” ujar Heyman.

Bulan Maret lalu, pesawat Malaysia Airlines MH370, yang mengangkut 239 penumpang, hilang dalam perjalangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Hingga saat ini upaya bersama internasional masih Klik belum berhasil Klik menemukan pesawat MH370 tersebut.

 

Sumber: BBC Indonesia, Daily Mail, Merdeka.

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani