RSH IPB, Agar Hewan Peliharaan Aman Selama Mudik Lebaran

Rumah Sakit Hewan IPB layani penitipan hewan selama mudik lebaran 1435H. (Ilustrasi: Suut Amdani)
RSH IPB layani penitipan hewan selama mudik lebaran 1435H. (Ilustrasi: Suut Amdani)

Dewasa ini, memelihara hewan menjadi trend dan hobi masyarakat perkotaan, temasuk Bogor. Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan dan akan merayakan lebaran di kampung halam di luar kota, tidak perlu khawatir.

Jelang hari raya Idul Fitri, banyak Rumah Sakit Hewan (RSH) yang menawarkan jasa penitipan dan pemeliharaan selama lebaran. Salahsatunya, RSH milik Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kebanyakan mereka meninggalkan rumah tanpa ada penjaga sama sekali. Menjadi persoalan tersendiri bagi yang memiliki hewan peliharaan, mau dikemanakan hewan-hewan tersebut? Rumah Sakit Hewan IPB menjawab kerisauan masyarakat tersebut dengan melayani penitipan hewan peliharaan,” terang Prof. Dr. drh. Ekowati Handharyani, M. Sc, Guru Besar Fakultas Kedokteran IPB dalam Dialog Pakar di Siaran Pedesaan, belum lama ini.

Ekowati menjelaskan, RSH merupakan salah satu instansi pelayanan medik veteriner dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan hewan sesuai UU Nakeswan No. 18 Tahun 2009.

“Sejalan dengan semakin besarnya harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan hewan, tantangan globalisasi dan perkembangan otonomi daerah, maka peran RSH memiliki arti yang strategis bagi keprofesionalan dan praktik dokter hewan,” ungkapnya.

Akses RSH IPB

Lantas bagaimana cara masyarakat bisa menitipkan hewan tersebut? Pemilik dapat menghubungi nomor RSH IPB di telepon 0251-8425503. Petugas akan menginformasikan bagaimana prosedur penitipan.

Pada saat hewan dibawa ke RSH IPB, akan dilakukan pemeriksaan awal oleh dokter hewan yang bertugas. Ada dua kondisi yang dapat diketahui pada pemeriksaan awal ini  yaitu hewan dalam kondisi sehat atau sakit.

Bila hewan dalam kondisi sehat maka dapat langsung diterima untuk dititipkan. Bila hewan dalam kondisi sakit maka dokter hewan akan memberikan penjelasan bahwa hewan memang sedang sakit dan harus dilakukan terapi. Bila hewan yang sakit tetap ingin dititipkan maka prosedur yang ditempuh adalah sebagai pasien rawat inap.

Selama hewan dititipkan, setiap hari akan diberikan servis kebersihan, makanan, air minum, dan pemeriksaan rutin oleh dokter hewan.

Soal biaya penitipan, disesuai dengan jenis hewan. Misalnya untuk anjing, biaya akan dihitung berdasarkan berat badan dan jumlah makanan yang dibutuhkan. Bila penitipan dilaksanakan lebih dari satu minggu, akan diberikan tambahan servis mandi untuk menjaga kesehatan kulit.

Seperti diketahui bahwa ada beberapa fasilitas yang ada di RSH IPB sebagai Rumah Sakit Hewan Pendidikan dan sebagai Unit Penunjang Akademik.  Berdasarkan tugas pokok dan fungsi, RSH IPB dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya kandang untuk beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing, domba, sapi, dan kuda.

“Selama dititipkan, akan dilakukan monitoring kesehatan oleh dokter hewan. Kami juga berusaha supaya hewan tersebut merasa aman, cukup nutrisi, tidak stress sehingga tetap dapat melakukan aktifitas harian sesuai dengan behaviour,” pungkasnya.

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani