Menjamin Keamanan Presiden Saat Blusukan

Latihan pengamanan oleh Paspampres. (Foto: Antara)
Latihan pengamanan oleh Paspampres. (Foto: Antara)

Joko Widodo, Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terpilih resmi mendapat pengamanan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jokwi meminta model pengamanan berbeda dari presiden sebelumnya, bahkan gaya blusukan bertemu dengan rakyat bisa dilakukan dengan spontan.

“Mulai Jumat kemarin, sesuai prosedur keamanan, saya dan pak JK akan dikawal Paspampres. Ini tidak dalam rangka untuk menjauhkan saya dengan saudara-saudara, tetapi untuk mengawal amanat rakyat, agar saya bisa bekerja dengan nyaman dan aman,” katanya melalui akun Facebook.

Jokowi melanjutkan, “Namun ingin saya katakan, saya tidak ingin kegiatan blusukan saya terganggu dengan Paspampers. Nanti saya akan atur supaya semua bisa berjalan dengan baik. Saya ingin pekerjaan saya lancar, keamanan juga terjaga.”

Pengusaha meubel asal Solo tersebut ingin bekerja dengan cepat. Karena itu, ia sudah mewanti-wanti aparat di pemerintahan untuk bekerja sesuai aturan.

“Kalau nanti di pemerintahan saya, di daerah manapun, ada kantor pemerintah yang memberi pelayanan kepada masyarakat dengan menarik pungutan yang tidak semestinya, laporkan saja. Mungkin tidak seketika saya datang ke kantor itu, tapi saya pastikan, tindakan dari saya pasti akan sampai ke kantor itu.”

Mobil Anti Peluru

Pengamanan presiden terdiri atas 37 anggota Paspampres dengan tujuh mobil pengawal dan tiga pasukan motor. Untuk pertama kalinya Jokowi mencoba mobil kepresidenan, Sabtu (23/8/2014). Mobil Mercedes-Benz hitam itu masih menggunakan nomor polisi B-1190-RFS.

Pengamat otomotif, Suhari Sargo, mengatakan mobil pengamanan presiden yang akan digunakan Jokowi wajib antipeluru dan tahan ledakan.

Di sisi lain, Jokowi di beberapa kesempatan mengungkapkan keinginanya untuk tetap memakai mobil Toyota Kijang Innova, miliknya. Jika benar, tentu saja mobil tipe MPV rentan dengan serangan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini, menggunakan Mobil Mercedes-Benz S600L model W221, merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7.

Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap efek serangan yang timbul dari granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Suhari menyebutkan mobil kepresidenan yang digunakan Amerika Serikat memiliki standar pengamanan yang lebih baik ketimbang milik Indonesia. Mobil Presiden Amerika Serikat bahkan memiliki teknologi antibom dan ranjau.

Amerika Serikat saat ini menggunakan mobil limusin yang biasa dijuluki “The Beast” sebagai tunggangan Presiden Barack Obama. Pemerintah AS sengaja tidak pernah memberi tahu secara detail spesifikasi dari mobil orang nomor satunya. Yang bisa diketahui, selain tahan peluru dan dilengkapi teknologi-teknologi canggih lainnya, tangki bahan bakar The Beast juga dilapisi baja dan dibungkus dalam busa khusus untuk menghindari terjadinya ledakan dan pecah saat kecelakaan atau serangan. Mobil tersebut juga dilapisi baja yang tebal dan memiliki pemadam api di kabin.

Sumber: Tempo, Republika, Detik

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani