Peluang Usaha Teh Bunga Kamboja Ala Mahasiswa IPB

Gerai Tehbuja, IPB. (Foto: IPB)
Gerai Tehbuja, IPB. (Foto: IPB)

Kamboja, (Plumeria acuminata), tumbuhan asal Amerika ini dikenal sebagai penghasil minyak atsiri (esensial) melalui prosen penyulingan bunga yang kini banyak digunakan sebagai bahan baku wewangian untuk sabun, parfum, kosmetik, industri kerajinan dupa, dan aroma terapi untuk spa.

Abil Dermail dan kawan-kawan, mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan produk baru dari bunga kamboja sebagai bahan baku minuman mirip teh dengan merek dagang ‘Tehbuja’.

“Kami ingin menjadikan Tehbuja sebagai salah satu minuman herbal yang berdaya saing tinggi, ragam khasiat, dan manfaat, serta meningkatkan nilai ekonomi bunga kamboja yang berbasis pada sumber daya lokal. Keberlanjutan program kegiatan kewirausahaan ini kami upayakan mendapatkan sertifikasi BPOM dan halal dari MUI,” terang Abil, Jumat (22/8).

Sebagai permulaan, Tehbuja dipasarkan di lingkungan kampus IPB dengan segmen market civitas akademika dengan banderol harga Rp3.000 per gelas, siap minum. Tehbuja ditawarkan dalam rasa original, disajikan dingin. Agar menarik minat konsumen, kemasan juga didesain semenarik mungkin dengan logo Tehbuja pada samping kemasan.

Abil menyebut, Tehbuja sebagai minuman herbal membawa manfaat tubuh menjadi lebih rileks, menurunkan stres, dan sebagai aroma terapi. ” bunga kamboja mengandung fulvoplumierin yang memperlihatkan daya mencegah pertumbuhan bakteri melawan sejumlah penyakit,” terangnya.

Suplai Melimpah

Ketersediaan bunga kamboja diyakini melimpah, lantaran belum banyak dimanfaatkan secara optimal dan belum dikomersialisasi secara luas. Kamboja juga mampu berbunga sepanjang tahun, pembiakannya tidak sulit, usia tanaman yang dapat mencapai ratusan tahun, dan dapat beradaptasi di segala iklim.

Baik warna maupun kekentalan, Tehbuja sangat identik dengan teh biasa sehingga memudahkan para penggemar teh untuk beralih ke minuman herbal produk IPB tersebut.

Proses pembuatan, Tehbuja pun cukup mudah. Bunga kamboja dilakukan pengeringan, lalu dihaluskan, diseduh dan siap disajikan.

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani