Permainan Tradisional Khas 17-an Masih Memikat Siswa

Lomba balap sarung , masih diminati siswa dalam perayaan HUT RI. (Foto: GNOL)
Lomba balap sarung , masih diminati siswa dalam perayaan HUT RI. (Foto: Gema Nurani)

Permainan anak zaman sekarang memang jauh dari aktivitas fisik, misalnya game online. Meski begitu, tak lantas menggusur permainan tradisional. Hal tersebut terlihat saat permainan zaman dulu seperti lomba balap sarung, tarik tambang, tangkap belut, berhasil memikat pada siswa SMP IT Ummul Quro Bogor saat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69, kemarin.

Para siswa tanpa canggung larut dalam suka cita permaina yang umumnya melibatkan kekuatan fisik dan menguras tenaga tersebut. Terlihat kaku, lantaran jarang memainkan, namun tak menghilangkan semangat permainan tradisional yang sarat dengan nilai sportifitas.

”Perlombaan tradisional khas perayaan Kemerdekaan RI ini membangun kebersamaan dan kerjasama antar tim, karena dilakukan secara kelompok,” terang Suhandi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP IT Ummul Quro, kemarin.

Menariknya, dalam perlombaan perayaan HUT RI di sekolah Islam Terpadu ini juga ada lomba pidato Bung Tomo. ”Kita pilih Bung Tomo yang terkenal dengan pidatonya yang bisa membangkitkan semangat para pejuang,” terangnya.

Pidato Bung Tomo ini diperdengarkan di radio semasa perjuangan melawan penjajah. “Kami tulis teksnya, peserta diharpkan bisa menirukan semangat pidato Bung Tomo,” ujarnya.

Recommended For You

About the Author: Suut Amdani