Zen-Noh, Federasi Koperasi Pertanian Penyejahtera Petani Jepang

TRAKTOR - Yanmar Zen-Noh YM 1500, sebuah traktor buatan Zen-Noh. (Foto: Live Auction World)
TRAKTOR – Yanmar Zen-Noh YM 1500, sebuah traktor buatan Zen-Noh. (Foto: Live Auction World)

Berdiri pada 30 Maret 1972, National Federation of Agricultural Co-operatives Zen-Noh Jepang kini telah berhasil menumpuk modal hingga 115,2759 miliar yen. Dengan jumlah karyawan sebanyak 8.221 orang, federasi koperasi pertanian yang bermarkas di Tokyo tersebut telah beranggotakan 1.032 koperasi.

Secara kolektif, Zen-Noh mampu menyediakan kebutuhan dan alat-alat pertanian serta memasarkan produk pertanian. Bagi warga Jepang, faktor higienitas dan kesehatan menjadi pertimbangan utama memilih produk-produk pertanian. Jaringan Zen-Noh dipercaya sebagai penyuplai utama kebutuhan produk pertanian di Negeri Sakura tersebut.

Semua anggota koperasi bahu-membahu mempromosikan produk pertanian mereka, sehingga meningkatkan efisiensi produksi pertanian, menyejahterakan petani anggota, dan otomatis, meningkatkan status sosial para petani.

Tidak hanya pertanian, Zen-Noh juga berbisnis real estate, jasa keuangan, desain konstruksi dan pengawasan pekerjaan konstruksi, serta transportasi.

Secara strategi, Zen-Noh berhasil menjadi penghubung antara produsen dan konsumen. Mereka sungguh-sungguh mendukung pertanian sebagai lahan komersial, memiliki gaya hidup tani, dan sekuat tenaga mempromosikan pertanian sebagai penghasilan utama.

Produk-produk pertanian dan peternakan Zen-Noh digaransi aman, disajikan dalam keadaan segar, dan tak kalah penting, diproduksi dengan memberdayakan petani dan peternak lokal.

Jaringan Zen-Noh menyediakan kebutuhan warga Jepang sehari-hari, mengupayakan fasilitas bersama, serta menjadi konsumen utama produk-produk mereka. Bukan hanya itu, baik itu transportasi, pengolahan, hingga penyimpanan dilakukan secara presisi untuk menyajikan produk berkualitas.

Zen-Noh memiliki manajemen gudang khusus dan membangun pasar ternak sendiri. Menariknya, mereka juga menjalin kemitraan dengan koperasi serupa di luar negeri.

Sementara untuk meningkatkan teknologi pertanian dan manajemen pertanian, Zen-Noh membangun sistem pendidikan internal yang memadai.

Zen-Noh Mission Structure.
Zen-Noh Mission Structure.

Pearl Rice, Beras Khusus untuk Jepang

Beras merupakan makanan pokok utama di Jepang. Zen-Noh memiliki komitmen menjual beras khusus bernama Pearl Rice yang 100 persen ditargetkan untuk warga negara Jepang.

Untuk menstabilkan pasokan dan permintaan, secara sistematis, Zen-Noh mengatur sistem produksi dengan memverifikasi lahan budidaya yang dapat dikonfirmasi. Mereka juga ketat mengurangi biaya distribusi. Mengoptimalkan sawah, selain memenuhi permintaan beras, Zen-Noh mengkreasi usaha bisnis makanan olahan berbahan beras.

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.