Erik Satrya Wardhana, Konsisten Kawal Industri Kecil

DEKAT - Erik Satrya Wardhana tampak sedang menyalami santri TPA. (Foto: Q)
DEKAT – Erik Satrya Wardhana tampak sedang menyalami santri TPA. (Foto: Q)

Bagi warga Cianjur dan Kota Bogor, Erik Satrya Wardhana bukan nama yang asing. Sebuah media lokal Cianjur bahkan menyebutnya sebagai anggota legislatif yang paling rajin turun ke Daerah Pemilihan (Dapil).

Erik Satrya Wardhana adalah Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran, Bandung. Pria yang lahir di Jakarta pada 30 April 1964 ini sehari-sehari tinggal di Kota Bogor.

Pada Pemilu 2009, Kang Erik, begitu ia akrab disapa, terpilih menjadi Anggota DPR RI mewakili Dapil Jawa Barat III, yaknki Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Tahun pertama di Komisi IV DPR, Erik berhasil memfasilitasi program perberdayaan pertanian dan kehutanan, terutama untuk Kabupaten Cianjur.

Tahun kedua di DPR, Partai Hanura menugaskan Erik ke Komisi VI yang membidangi Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, dan BUMN.

Enam bulan kemudian, tepatnya tahun 2012, Partai Hanura mempercayakan pada Erik, jabatan Pimpinan Komisi VI DPR.

Sejak lama ia mengenal Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto. Kebersamaan mereka erat, jauh sebelum Partai Hanura berdiri. Bersama Wiranto, Erik membidani dan aktif pada lembaga riset Institute of Democracy (IDe Indonesia), memimpin tim pemenangan Wiranto pada Konvensi Golkar tahun 2004, serta ikut mendirikan Partai Hanura.

Belum lama ini, Erik memimpin tim ekonomi Hanura melahirkan buku Ekonomi Hati Nurani.

Erik konsisten mengawal Program Pemberdayaan IKM (Industri Kecil Menengah) selama tahun 2013, mencakup Kabupaten Cianjur dan Kota bogor.

Ratusan pelaku IKM di kedua daerah tersebut menikmati program pelatihan dan bantuan peralatan produksi. Demikian juga pada bidang Koperasi dan UKM.

Semua program akan dilanjutkan dan diperluas pada tahun-tahun berikutnya.

Erik juga mendirikan Rumah Aspirasi di Dapilnya, diberi nama Bumi Sawargi. Bumi Sawargi kemudian dikembangkan menjadi Yayasan dan Koperasi. Melalui Bumi Sawargi, Kang Erik merangkul aktivis muda Cianjur untuk berkiprah pada pemberdayaan dan pendidikan masyarakat.

Hampir tiada masa reses yang terlewat olehnya. Ratusan desa di Cianjur ia kunjungi. Seluruh kelurahan di Kota Bogor ia sambangi.

Tak heran, pada Pemilu Legislatif 2014, Partai Hanura kembali menjagokan Erik Satrya Wardhana menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019. Anda dapat mengunjungi www.eriksatryawardhana.com.

Begitu pun dukungan Dapil. Bahkan muncul slogan yang populer di kalangan pendukung Erik, Teu Eureun Eureun!

Recommended For You

About the Author: Arif Giyanto

Menulis freelance di berbagai media, cetak dan online. Concern pada isu kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi. Pegiat agribisnis dan ekonomi sektor informal. Bertempat tinggal di Yogyakarta.